Label

Rabu, 07 November 2012

Ilmuwan Amerika Laporkan Paus Putih Bersuara Seperti Manusia

Washington (AFP/ANTARA) - Ahli biologi kelautan Amerika Serikat yang bingung dengan suara seperti manusia yang datang dari tanki ikan paus dan lumba-lumba dari sebuah akuarium, menyimpulkan bahwa suara tersebut berasal dari ikan paus.

Beberapa laporan mengesankan dari suara ikan paus yang mirip seperti manusia bukanlah hal yang baru. Tapi dalam kasus di San Diego, California, para ilmuwan untuk pertama kalinya mencatat beberapa ujaran, melakukan analisis akustik dan terkejut menemukan irama yang mirip dengan ucapan manusia, lapor Sam Ridgway dari National Marine Mammal Foundation pada Senin.

Suara tersebut menandai sesuatu hal: paus membuat suara melalui saluran hidung mereka, tidak seperti manusia, yang menggunakan pangkal tenggorokan mereka. Jadi ikan paus putih tertentu harus membuat beberapa penyesuaian yang rumit pada otot dan lubang semburnya.

“Upaya semacam itu jelas menunjukkan motivasi untuk melakukan kontak,” kata Ridgway, penulis dari studi yang ditampilkan dalam jurnal Current Biology. “Suara yang kami dengar dengan sangat jelas itu merupakan sebuah contoh vokal yang dipelajari oleh paus putih itu.”

Ikan paus yang bernama NOC itu, mati lima tahun lalu.

Ridgway mengatakan pada pada 1984 silam, dia dan yang lainnya mulai mendengar suara di dekat kandang ikan paus dan lumba-lumba seperti dua orang yang sedang berbicara di kejauhan, terlalu jauh untuk dipahami perkataannya.

Suara-suara itu kemudian ditelusuri mengarah ke salah satu paus putih tertentu saat seorang penyelam di dalam tangkinya naik ke permukaan karena dia pikir dia mendengar rekannya menyuruhnya untuk naik.

NOC hidup di antara lumba-lumba dan paus putih lainnya, dan sering berada di tengah-tengah manusia.

Paus tersebut membuat suara seperti manusia sekitar empat tahun sampai mencapai usia kematangan seksualnya, kata Ridgway.(kn/ik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar